Tuesday, August 11, 2009

[media-bali] [oot] Don Juan Single pertama RETINA

 

Perkenalkan, RETINA : Sang Don Juan

 

RETINA adalah grup band pendatang baru di industri musik indonesia. Grup ini baru saja merilis debut album mereka yang diberi judul " Don Juan ".

 

Single pertama dari album rekaman ini juga diberi judul yg sama, yaitu " Don Juan ".

 

Retina terhitung band yg masih cukup muda. Band asal ibukota ini terbentuk pada bulan April 2008 yang lalu. Line up awal mereka terdiri dari Angga (vokal), Mario (gitar), Qenny (gitar), Irsya (drum), dan Pandu (bass).

 

Awalnya, tiga orang personil RETINA (Mario, Qenny, dan Irsya) tergabung dalam sebuah kelompok musik bernama Plester yang pernah mengeluarkan dua buah single secara nasional beberapa tahun yang lalu. Di tahun 2004 band ini bubar,dan masing-masing personilnya tetap mencoba untuk berkarir di bidang musik dengan jalannya sendiri - sendiri .

 

Diantaranya, Irsya bergabung dengan Asia One yang menjadi home band Hard Rock Cafe se-Asia Tenggara dan Mario bergabung dengan Channel yang juga sudah pernah menghasilkan sebuah album beberapa tahun yang lalu.

 

Lalu, pada awal 2008, masing-masing band yg digawangi Irsya dan Mario tersebut bubar di tengah jalan. Menyadari mereka tidak lagi bernaung dalam sebuah kelompok musik, Irsya dan Mario bertemu lagi dengan Qenny. Ketiga sahabat lama ini sepakat untuk membuat sebuah band baru yang benar-benar berbeda dengan band – band mereka yang sebelumnya.

 

Keinginan mereka untuk membentuk sebuah band baru itu semakin terasa nyata saja saat bertemu dgn Angga yg kini tercatat sebagai vokalis dan juga Pandu yang sebelumnya tergabung dalam Kelasik band dan juga pernah mengeluarkan album. Dengan kehadiran dua personil lainnya,akhirnya mereka berlima sepakat memberi nama RETINA untuk rumah musik mereka yang baru ini, dan berkeyakinan penuh untuk mewujudkan eksistensi di belantika musik indonesia.

 

Yang menarik adalah kisah ditemukannya Angga, vokalis. "Kita sempat mengaudisi dan hunting beberapa vokalis. Tapi saat Irsya berkunjung ke Medan, di sebuah warung kopi, ia berkenalan dengan seorang mahasiswa yang sedang mengamen di sana. Orang itu adalah Angga. Jadilah ia diboyong ke Jakarta," kenang mereka tentang prosesi unik bergabungnya Angga.

 

"Pada dasarnya, kami punya kesamaan visi dan misi dalam bermusik. Kami ingin berkarier dan berkembang di dalam musik. Kami juga ingin memberi warna baru di dunia musik Indonesia," terang mereka lagi.

 

Single "Don Juan" yang juga diambil dari album yg berjudul sama ini, merupakan sebuah perkenalan mereka dengan industri musik Indonesia.

 

"Lagu ini tentang sosok seorang pria yang banyak dicintai wanita, tapi bukan karena ketampanan atau kekayaannya. Sosok ini dicintai karena kharisma dan gaya bicaranya yang speak abizzz," ujar mereka tentang single pertama ini..

 

"Insipirasinya datang dari nama seorang tokoh fiksi di Eropa pada abad pertengahan, yang memang terkenal karena selalu dikelilingi wanita - wanita cantik yang selalu mencintai dirinya," lanjut mereka lagi.

 

Albumnya sendiri berisikan lagu-lagu yang berkisah tentang cinta yang didasari oleh kehidupan kompleks seorang Don Juan yang mengalami berbagai macam seluk beluk problema dalam kehidupan cintanya. Seluruh materi di album ini direkam dalam interval waktu enam bulan, dimulai pada bulan Ramadhan 2008 yang lalu. "Kita sulit untuk menentukan lagu mana yang akan diikutkan ke dalam album ini karena stok lagunya banyak," jelas RETINA tentang kesulitan paling mendasar yang mereka temui selama proses penggarapan album ini.

 

 

Untuk membuat perkenalan ini terasa lebih ringan, RETINA menyajikan lagu ini dengan santai dan riang serta sederhana, tapi tetap mencoba untuk mengkombinasikan harmonisasi nada dan pemilihan sound - sound yang berkualitas, sehingga membuat para pendengarnya  menyunggingkan senyum. Senyum tanda gembira, tentunya.

 

RETINA berharap semoga lagu "Don Juan" ini bisa diterima masyarakat luas dan juga memperkaya warna musik Indonesia.

 

"RETINA berharap semua orang dari semua golongan dan usia dapat bernyanyi bersama dan terinspirasi dari lagu-lagu di album ini. Yah, sekali lagi lagu ini bukan sekedar kata-kata ( SPEAAKK... )," ujar mereka seraya menutup pembicaraan.


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

.

__,_._,___

No comments: