Wednesday, October 07, 2009

[media-bali] Nusa Dua Fiesta 2009

 

Denpasar (ANTARA News) - Kegiatan "Nusa Dua Fiesta XIII 2009" yang akan digelar di kawasan wisata internasional Nusa Dua, Bali diikuti 20 provinsi di Indonesia berlangsung pada 17-21 Oktober 2009.

Direktur Utama Pengembangan Pariwisata Bali (Bali Tourism Development Coorporation/BTDC), Ir I Made Mandra kepada pers di Nusa Dua, Bali, Rabu mengatakan, dalam pameran tersebut pihak panitia menyediakan sedikitnya 100 stan.

Stan pameran tersebut diperuntukkan bagi kabupaten/kota di tanah air yang ikut memamerkan hasil karya kerajinan mereka yang terbaik.

"Tema yang diangkat dalam ajang budaya dan promosi kali adalah `Green tourism` dengan sub tema `Lestarikan Laut dan Pesisir`," kata Mandra yang didampingi ketua panitia pelaksana kegiatan Solichin.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian BTDC bersama pemangku kepentingan (stakeholder) di kawasan Nusa Dua.

"Kami ingin mempromosikan kawasan ini dengan berbagai fasilitas dan daya tarik baru, bahkan kita berharap kegiatan ini sebagai wahana untuk tetap melestarikan budaya luhur Nusantara," ujarnya.

Karena dalam kegiatan tersebut akan dipentaskan berbagai seni pertunjukan tradisional dan modern serta eksibisi seni kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dikatakan, selain kegiatan pagelaran seni budaya dan pameran juga ada kegiatan pendukung lain diantaranya, turnamen golf yang memperebutkan piala Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lari marathon yang diikuti ribuan atlet pelari nasional dan internasional.

"Di samping itu juga diadakan lomba merias 300 pasang pengantin tradisional yang diharapkan dapat memecahkan rekor MURI," kata Mandra.

Disinggung mengenai pengunjung kegiatan tersebut, Mandra mengatakan, setiap tahun terus ada peningkatan baik warga masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara yang kebetulan berlibur di Pulau Dewata.

"Kami optimis pada ajang kali ini ada peningkatan pengunjung dibanding tahun 2008 lalu yang mencapai 37.410 orang," ujarnya.

Dari jumlah pengunjung kegiatan Nusa Dua Fiesta tersebut, kata dia, wisatawan mancanegara sebanyak 2.297 orang, sedangkan pengunjung dari masyarakat lokal dan pelancong domestik mencapai 35.113 orang.(*)

COPYRIGHT © 2009
 

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: