Tuesday, July 21, 2009

[media-bali] Resep Neoliberal IMF dan Bank Dunia Terbukti Gagal

 

Saatnya Perkuat Peran Konferensi Perdagangan dan Pembangunan UNCTAD (PBB) dan Kepercayaan Diri Pemerintahan Negara-negara Berkembang dan Miskin.

UNCTAD dalam konferensi di Geneva, Swiss bulan Juli ini menegaskan bahwa kebijakan ekonomi 49 negara termiskin di dunia gagal memajukan pembangunan. UNCTAD juga menegaskan di negera-negara termiskin pada umumnya menjalankan kebijakan ekonomi yang disarankan IMF dan Bank Dunia (Kompas 18 Juli 2009)

Menurut saya inilah saatnya atau momentumnya untuk memperkuat kelembagaan PBB tidak hanya UNCTAD tetapi juga lembaga-lembaga lainnya yang terkait dengan pembangunan. Saatnya untuk menggantikan dominasi lembaga keuangan internasional seperti IMF, Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam mengatur perekonomian negara-negara. Serta tak kalah pentingan memajukan peran UNCTAD untuk menggantikan kelembagaan WTO yang pada prakteknya hanya memajukan kepentingan negara-negara maju yang berwatak 'penjajah'.

Mari kita liat apakah Pemerintah Baru Indonesia SBY-Boediono apakah tetap membebek saja kepada lembaga-lembaga seperti IMF, Bank Dunia, ADB ataupun menjadi anak manis di WTO, ataukah mengambil peran aktif dan memimpin bersama-sama negara-negara berkembang dan miskin melalui UNCTAD dan lembaga-lembaga PBB yang terkait lainnya untuk membalikkan neraca ekonomi dunia.

Maaf kata. Sayangnya sementara ini saya harus katakan kita tidak bisa banyak berharap kepada SBY-Boediono. Kedepan kuncinya adalah pada tekanan gerakan rakyat atau gerakan sosial yang lebih kuat dan solid, disamping gerakan solidaritas rakyat di negara-negara berkembang dan miskin.

selengkapnya

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/07/resep-neoliberal-imf-dan-bank-dunia.html

 

baca juga

Belajar Dari Mr Krafs (Keluarga besar Sponge Bob) : Cermin Terbalik Negeri dan Bangsaku

 

Merdeka, Percaya Diri, Berdikari

 

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/07/seri-kampanye-lingkungan-hidup-sponge.html





__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: