Saturday, July 25, 2009

[media-bali] BUKU TEATER 'DESA KALA PATRA' - TEMU TEATER MAHASISWA NUSANTARA 7

 

Perkembangan karya sastra di Bali dewasa ini terasa makin pesat. Terutama puisi maupun prosa. Namun rupanya penerbitan karya sastra naskah drama atau teater dirasa masih sangat kurang. Minimnya penerbitan buku naskah drama dewasa ini dirasa cukup menyulitkan para pegiat teater dalam menemukan karya sastra drama yang memadai untuk dipentaskan. Dan dalam upaya pendokumentasian karya sastra naskah teater dan dalam rangkaian Temu Teater Mahasiswa Nusantara 7 yang akan digelar di Singaraja Bali pada 7 - 15 Agustus nanti, maka panitia Temu Teater Mahasiswa Nusantara 7 akan menggelar peluncuran Buku Naskah Teater yang diterbitkan oleh Sastra Welang Publisher, sebagai penerbit buku buku kesusastraan baik itu novel, puisi, drama dan biografi yang berbasis di Bali.

Putu Raditya Pandet selaku ketua Panita Temu Teman 7 menyatakan, " Dengan adanya niatan baik ini semoga geliat penulisan karya sastra terutama naskah teater semakin semarak " Buku kumpulan naskah teater yang diberi tajuk DESA KALA PATRA ini menampilkan 14 naskah yang diciptakan oleh para pegiat teater dari seluruh Indonesia yang akan pentas digelaran Temu Teman 7 di bulan Agustus nanti. Hal senada juga disampaikan oleh Moch Satrio Welang, selaku pendiri Sastra Welang Publisher, " Saya berharap buku ini dapat menjadi acuan, agar kita tidak malas dan berani menulis. Entah karya apapun itu. Karena ' malas' dan ' tidak berani' tidak pernah menawarkan apa - apa!" Tandasnya.

Buku setebal 162 halaman ini akan dihiasi sampulnya oleh pelukis muda Bali, yakni I Wayan Surana yang memang secara khusus memberikan hak penerbitan salah satu lukisan andalannya dalam kumpulan buku ini. " Saya senang dapat mendukung perkembangan karya sastra naskah teater ini, minimal dalam goresan cat kanvas, karena hanya warna yang bisa saya sumbangkan", ungkap I Wayan Surana yang sedang memperdalam teknik melukisnya di kawasan Bangli ini.

Putu Satria Kusuma sebagai seniman sastra dan teater Bali, menyatakan dukungannya dalam penerbitan buku ini dengan memberikan endorsement bahwa naskah - naskah dalam buku tersebut sangat inspiratif dan sangat memungkinkan dimainkan dalam segala bentuk pertunjukan teater. Begitu juga Hendra Utay, salah seorang sutradara dan aktor teater Bali, berharap buku ini dapat menjadi panduan bagi kelompok teater manapun dalam menemukan referensi naskah dengan ide ide segar dan menarik dimainkan." Kita menemukan 'rasa' Indonesia dalam kumpulan naskah ini!" tukasnya. 

Ini merupakan sebuah proses kerja bersama, adapun naskah - naskah yang terangkum dalam buku Kumpulan Naskah Teater DESA KALA PATRA adalah sebagai berikut

Prediksi karya Alimin Muslimin Sanggar Seni Bahana PALU
Rempyeng Jadi 2 ( Evolution) karya Andhi Kepik SW Komunitas Teater MALANG
Makkunrai dalam Keterpasungan karya Bengkel Seni Waras MAKASSAR
Ekor karya Fajri Syamsirani Teater Bastra SAMARINDA
Pertanyaan karya Harry 'Kriiiiink' Fridarsyah Pondok Teater SAMARINDA
La Bengngo karya Ian K'be Teater Titik Dua MAKASSAR
Sampah Serapah karya Isman Rhomadi Teater Yupa SAMARINDA
Ulos Kinasih karya Iswan Ismail Pasaribu Kotak (Komunitas Teater Kampus ) MEDAN
Hitam Putih Pelangi karya Moh Iqbal Fathoni Teater Sinden MALANG
Dua Senja karya Muhammad Yunus Teater Gabi'91 PALEMBANG
Warisan karya Pipit Puspita dan Aan Tokek Teater Cowboy MALANG
Segitiga Tanpa Sudut karya Suci Hidayati Teater Oase PADANG
Indoor karya Veno Mahakesa Teater Tangan MAKASSAR
Partai Bodius karya Wiwit Nugroho Teater Tiyang Alit SURABAYA

SASTRA WELANG PUBLISHER
Jl. Raya Sesetan Gang Kutilang 10 Lantai 3
Contact : 081 916 384 162
satrio_welang@yahoo.com



Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

.

__,_._,___

No comments: